preloader

Fakta Unik tentang Sampoerna Academy

Dec 26, 2019

Bukan, bukan sekolah yang mengajarkan murid-muridnya cara merokok dengan baik dan benar. Sampoerna Academy adalah sekolah berstandar internasional yang berlokasi di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang Selatan (BSD), Medan, Bogor (Sentul), dan Surabaya.

 

Walaupun berlokasi di Indonesia, namun sekolah ini memiliki ciri khas unik yang tidak seperti sekolah Indonesia pada umumnya.

 

Memang apa aja sih yang bikin beda?

 

1. Gak ada upacara

Percaya gak sih ada sekolah di Indonesia yang gak ada upacara?

Sekolah yang satu ini memang berbeda karena gak ada upacara di setiap Senin paginya. Tapi jangan salah, nilai-nilai penting yang biasanya kita dapatkan dari pembina upacara di setiap akhir upacara juga tetap bisa mereka dapatkan di sekolah ini.

Caranya itu dengan mengadakan sesi ‘Student Assembly’, yang mana semua murid akan berkumpul di suatu ruangan dan diberikan materi tertentu, baik itu tentang lingkungan, kesehatan, atau sekedar mengingatkan kembali tentang peraturan-peraturan sekolah yang ada.

Antara ‘Student Assembly’ dan upacara bendera, kamu lebih pilih yang mana?

 

2. Ada sesi wajib “D.E.A.R Time”

Drop Everything And Read. Itulah sesi D.E.A.R Time yang sudah menjadi rutinitas keseharian murid-murid Sampoerna Academy di setiap 15 menit sebelum istirahat pertama.

Di sesi ini, mereka diharuskan untuk membaca. Bahan bacaannya boleh apa saja, seperti buku, novel, bahkan komik pun diperbolehkan.

Dengan adanya D.E.A.R Time ini, murid-murid Sampoerna Academy dilatih untuk meningkatkan minat baca sedini mungkin karena mereka bebas memilih bahan bacaan yang menurut mereka menarik. Dengan begitu, sesi ini dapat membuat murid-murid di sekolah ini menjadi generasi yang
terbiasa untuk membaca.

 

Kalo kamu gimana? Have you Dropped Everything And Read?

 

3. Belajar Bahasa Indonesia dan Pancasila Pake Bahasa Inggris

Nah loh, kebayang gak tuh harus belajar Bahasa Indonesia dan Pancasila pakai bahasa asing? Di Sampoerna Academy, kamu harus bisa!

Selain dikarenakan Sampoerna Academy ini merupakan salah satu sekolah internasional di Indonesia, mayoritas murid dan guru nya pun juga berasal dari negara-negara lain. Layaknya kita
yang biasa belajar Bahasa Inggris pake Bahasa Indonesia, mereka juga belajar Bahasa Indonesia pake Bahasa Inggris!

Banyak dari mereka yang meski sudah lama di Indonesia, tapi belum bisa berbicara bahasa kita dengan fasih dan benar. Walaupun begitu, mereka tetap semangat untuk belajar bahasa kita dan mengenal ideologi-ideologi bangsa kita lebih jauh loh.
Nah, kalau kalian sendiri bagaimana? Udah semangat belum belajarnya? Jangan mau kalah ya!

 

--

 

Begitulah beberapa ciri khas unik yang ada di Sampoerna Academy. Sekolah kamu punya keunikan sendiri ga? Share di kolom komen ya!

 

 

Author: Rifdatul Husna