preloader

Tantangan Seorang Guru: Sebesar Apa?

Dec 26, 2019

Mengemban profesi mulia yang berkontribusi dalam membantu bangsa itu tentu bukan hal yang mudah. Selain menyiapkan topik pembelajaran apa yang harus dipelajari murid setiap harinya, banyak lagi hal lain yang harus diperhatikan, seperti contohnya:

 

1. Memahami bahwa setiap murid memiliki karakteristik yang berbeda.
Wah, bisa kebayang gak tuh kalau dalam satu kelas ada beberapa puluh anak yang mempunyai karakteristik dan minat berbeda terhadap suatu hal, dan guru diminta untuk mengenali mereka satu persatu. Hal ini harus dilakukan seorang guru agar dia bisa memastikan bahwa setiap anak dapat mengikuti pelajaran dengan baik meski cara belajar mereka berbeda, mungkin ada yang visual, auditory, atau mungkin kinesthetic. Coba bayangkan kalau guru tidak memahami karakteristik murid-muridnya satu per satu, pelajaran di kelas pasti ngebosenin kan?

 

2. Menjadi pribadi yang kreatif yang tidak menyalahkan kemampuan murid-muridnya.
Contohnya ketika menjadi guru Bahasa Inggris, guru mungkin menemukan murid A yang pandai dalam soal grammar dibandingkan dengan murid B. Akan tetapi, apakah murid B ini murid yang bodoh dan bermasalah? Tentu saja tidak! Bisa jadi murid B ini lebih unggul dalam pelajaran seni karena karyanya yang indah. Dengan menyadari hal ini, guru harus bisa berkreasi untuk menciptakan pelajaran yang menggabungkan grammar dan seni, seperti membuat sebuah lagu atau drama dalam Bahasa Inggris. Bagaimana menurut kamu? Belajar Bahasa Inggris seperti ini lebih menyenangkan kan dibandingkan kalau hanya menghafal rumus atau mempelajari isi dalam kamus?

 

--

 

Albert Einstein pernah bilang: “Setiap orang adalah orang yang pintar, tapi kalau kita menilai kemampuan ikan dalam memanjat pohon, seumur hidup kita akan menganggap ikan tersebut bodoh,” padahal bukan itu kemampuan ikan yang sesungguhnya.

 

Jadi tantangan guru yang sesungguhnya bukan hanya sekedar bisa mengajar di kelas atau menginspirasi murid-muridnya agar lebih giat belajar, tapi juga harus memahami bahwa setiap muridnya adalah individu yang unik yang tidak bisa disamaratakan. Dengan begitu, guru bisa mengerti kebutuhan dan potensi yang ada dalam muridnya untuk bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. 

 

Nah, sangat menantang kan menjadi seorang guru?
Tapi dicoba dulu, siapa tau kamu mampu!

 

 

 

Author: Rifdatul Husna